Definisi Hubungan Interpersonal dalam Psikologi
Effendy (Liliweri, 1997:12) menyatakan bahwa hakikatnya ‘komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antara seorang komunikator dengan seorang komunikan. Jenis komunikasi tersebut dianggap paling efektif untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku manusia berhubung prosesnya yang dialogis’. Hubungan interpersonal dilakukan secara tatap muka, maka akan lebih efektif untuk merubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang karena dalam proses hubungan interpersonal itu dilakukan secara tatap muka dan terjadi secara langsung antara individu yang berinteraksi. Selain itu, dalam hubungan interpersonal terjadi suat proses psikologis, yang akan memungkinkan seseorang bisa berubah karena adanya proses yang dialogis antara individu.
http://binham.wordpress.com/2012/04/21/pengertian-hubungan-interpersonal/
Saat ini banyak media sosial yang menjadi wadah seseorang untuk saling terkait satu sama lainnya, seperti sosial media saat ini yaitu twitter, facebook, path, atau yang lainnya yang memacu terjadinya komunikasi antarpengguna internet lainnya.
Dalam teori Mc Cleallan ada satu jenis dari tiga jenis motiv sosial yang menunujukan bahwa manusia mempunyai kebutuhhan untuk berhubungan dengan orang lain. orang yang kuat kebutuhan afiliasinya aka selalu mencari teman, dan berusaha mempertahankan hubungan yang telah dibina dengan orang lain tersebut.
Basuki, A. M. Heru. (2008). Psikologi Umum. Jakarta : Penerbit Gunadarma
Dari teori diatas kita bisa melihat kebutuhan manusia akan berafiliasi dan saat ini media sosial banyak yang mendukunng akan kebutuhan itu terealisasi. Oleh karena itu manusia mungkin tidak akan bosan ketika bermain internet. Kenapa? ketika mereka memasang data diri mereka, seperti tanggal lahir, tempat tinggal, foto prifil, kegiatan merega sehari-hari seperti dimana mereka makan, mereka sedang apa, bahkan buku diary mereka bisa berpindah di media sosial yang mengundang respon orang-orang pengguna internet lainnya, ketika mereka mendapatkan respon itulah akhirnya kebutuhan afiliasi mereka terpenuhi. seperti contoh mereka yang sedih kemudian mempost di akun media sosial mereka dan mereka akan di repon "sabar ya" atau yang lainnya, itu yang membuat mereka nyaman dengan dunia internet.
Ketertarikan interpersonal ini bisa seperti hubungan antar lawan jenis, hubungan jual-beli, orang-orang dengan hobi yang sama, orang-orang yang memiliki kebutuhan yang sama. Contoh ketertarikan interpersonal antar lawan jenis di internet adalah ketika sesorang dengan foto profil yang menarik akan banyak mengundang teman baru dalam media sosialnya, kemudian dari situ mereka akan saling berkomunikasi satu sama lain dan akan berkelanjutan. Lumayan banyak penyimpangan yang berkembang dari sini seperti penculikan atau yang lainnya. Kemudian contoh ketertarikan interpersonal hubungan jual-beli ini sedang terkenal akhir-akhir ini dengan maraknya situs resmi jual-beli online yang mengedepankan iklan dan kepercayaan, penjual yang ingin menjual barangnya hanya ttinggal memasang iklan disitus yang resmi itu dengan mencantumkan harga dan alamatnya. Contoh hubungan dengan hobi yang sama, misalnya hobi photography mereka akan saling berinteraksi dengan saling berbagi tips, atau berbagi pengalaman serta hasil jepretan mereka. bisa juga seperti fans club yang mempunyai situs resmi mereka akan banyak berinteraksi disitu. orang-orang dengan kebutuhan yang sama seperti mereka yang berkumpul untuk bertanya di satu forum kesehatan atau yang lainnya.
Effendy (Liliweri, 1997:12) menyatakan bahwa hakikatnya ‘komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antara seorang komunikator dengan seorang komunikan. Jenis komunikasi tersebut dianggap paling efektif untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku manusia berhubung prosesnya yang dialogis’. Hubungan interpersonal dilakukan secara tatap muka, maka akan lebih efektif untuk merubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang karena dalam proses hubungan interpersonal itu dilakukan secara tatap muka dan terjadi secara langsung antara individu yang berinteraksi. Selain itu, dalam hubungan interpersonal terjadi suat proses psikologis, yang akan memungkinkan seseorang bisa berubah karena adanya proses yang dialogis antara individu.
http://binham.wordpress.com/2012/04/21/pengertian-hubungan-interpersonal/
Saat ini banyak media sosial yang menjadi wadah seseorang untuk saling terkait satu sama lainnya, seperti sosial media saat ini yaitu twitter, facebook, path, atau yang lainnya yang memacu terjadinya komunikasi antarpengguna internet lainnya.
Dalam teori Mc Cleallan ada satu jenis dari tiga jenis motiv sosial yang menunujukan bahwa manusia mempunyai kebutuhhan untuk berhubungan dengan orang lain. orang yang kuat kebutuhan afiliasinya aka selalu mencari teman, dan berusaha mempertahankan hubungan yang telah dibina dengan orang lain tersebut.
Basuki, A. M. Heru. (2008). Psikologi Umum. Jakarta : Penerbit Gunadarma
Dari teori diatas kita bisa melihat kebutuhan manusia akan berafiliasi dan saat ini media sosial banyak yang mendukunng akan kebutuhan itu terealisasi. Oleh karena itu manusia mungkin tidak akan bosan ketika bermain internet. Kenapa? ketika mereka memasang data diri mereka, seperti tanggal lahir, tempat tinggal, foto prifil, kegiatan merega sehari-hari seperti dimana mereka makan, mereka sedang apa, bahkan buku diary mereka bisa berpindah di media sosial yang mengundang respon orang-orang pengguna internet lainnya, ketika mereka mendapatkan respon itulah akhirnya kebutuhan afiliasi mereka terpenuhi. seperti contoh mereka yang sedih kemudian mempost di akun media sosial mereka dan mereka akan di repon "sabar ya" atau yang lainnya, itu yang membuat mereka nyaman dengan dunia internet.
Ketertarikan interpersonal ini bisa seperti hubungan antar lawan jenis, hubungan jual-beli, orang-orang dengan hobi yang sama, orang-orang yang memiliki kebutuhan yang sama. Contoh ketertarikan interpersonal antar lawan jenis di internet adalah ketika sesorang dengan foto profil yang menarik akan banyak mengundang teman baru dalam media sosialnya, kemudian dari situ mereka akan saling berkomunikasi satu sama lain dan akan berkelanjutan. Lumayan banyak penyimpangan yang berkembang dari sini seperti penculikan atau yang lainnya. Kemudian contoh ketertarikan interpersonal hubungan jual-beli ini sedang terkenal akhir-akhir ini dengan maraknya situs resmi jual-beli online yang mengedepankan iklan dan kepercayaan, penjual yang ingin menjual barangnya hanya ttinggal memasang iklan disitus yang resmi itu dengan mencantumkan harga dan alamatnya. Contoh hubungan dengan hobi yang sama, misalnya hobi photography mereka akan saling berinteraksi dengan saling berbagi tips, atau berbagi pengalaman serta hasil jepretan mereka. bisa juga seperti fans club yang mempunyai situs resmi mereka akan banyak berinteraksi disitu. orang-orang dengan kebutuhan yang sama seperti mereka yang berkumpul untuk bertanya di satu forum kesehatan atau yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar